Rabu, 16 November 2016

Konsep 5R SMA N 3 Boyolali

Konsep 5 R
             Konsep 5R sendiri berasal dari 5 kata bahasa inggris yaitu Reduce (Mengurangi) , Reuse (Menggunakan Kembali) , Recycle (Mendaur Ulang) , Replace (Menggunakan Kembali) , dan Replant (Menanam Kembali). Berikut ini adalah penjelasannya :

1. Reduce
            Kegiatan mengurangi pemakaian atau pola perilaku yang dapat mengurangi produksi sampah serta tidak melakukan pola konsumsi yang berlebihan. Contohnya menggunakan alat alat makan atau dapur yang tahan lama dan berkualitas sehingga memperpanjang masa pakai produk.

2. Reuse
            Kegiatan menggunakan kembali material atau bahan yang masih layak pakai. Contohnya kantong plastik yang di dapat dari berbelanja jangan di buang tetapi disimpan dan digunkan kembali saat akan berbelanja.

3. Recycle
             Kegiatan mengolah kembali atau mendaur ulang. Kegiatan ini memanfaatkan barang bekas, seperti botol air mineral, sendok plastik, stik ice cream dan masih banyak lagi. Kegiatan ini mengolah barang bekas menjadi barang yang memiliki nilai jual dan dapat digunakan untuk memperindah ruangan.

4. Replace
             Kegiatan untuk mengganti pemakaian suatu barang atau memakai barang alternatif yang sifatnya lebih ramah lingkungan dan dapat digunakan kembali. Upaya ini dinilai dapat mengubah kebiasaan seseorang yang mempercepat produksi sampah.

5. Replant
              Kegiatan penanaman kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Chat BOX

JAM

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Flame Sword